Kunci Jawaban PPG Prajabatan 2025, PGPAUD, 50 Soal Pilihan Ganda

Erlita Irmania
0

Kunci Jawaban Tes Substantif PPPG Prajabatan 2025, Bidang Studi PGPAUD

Tes Substantif merupakan salah satu tahapan penting dalam proses seleksi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Tes ini menjadi penentu awal apakah peserta memiliki kompetensi dasar yang dibutuhkan untuk mengikuti pendidikan profesi selama dua semester ke depan. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengukur pemahaman calon guru terhadap bidang studi yang dilamar, termasuk Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PGPAUD).

Berikut ini kunci jawaban dari soal-soal Tes Substantif PPG Prajabatan 2025, Bidang Studi PGPAUD:

  1. Dalam proses perkembangan sosial emosional anak usia dini, faktor pertama yang memberikan pengaruh terhadap aspek-aspek perkembangan anak termasuk aspek perkembangan sosialnya, adalah faktor....
  2. a. Lingkungan
  3. b. Keluarga
  4. c. Teman sebaya
  5. d. Kematangan
  6. e. Status sosial Kunci Jawaban: B

  7. Proses pembelajaran kolaboratif yang ditujukan untuk membentuk karakter siswa yang senang membantu dan peka terhadap kondisi lingkungan sekitar, merupakan contoh proses pembelajaran yang dilakukan untuk mengembangkan aspek....

  8. a. Moral dan spiritual
  9. b. Sosial dan emosional
  10. c. Afektif
  11. d. Kognitif
  12. e. Psikomotor Kunci Jawaban: A

  13. Ibu Lita melaksanakan pembelajaran dengan memberikan siswa sebuah gambar yang menunjukkan kondisi seseorang yang mengalami kesusahan dan menanyakan kepada siswa mengenai tindakan apa yang sebaiknya dilakukan jika orang terdekat mengalami hal seperti pada gambar. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh Ibu Lita menekankan terhadap pengembangan aspek...

  14. a. Sosial
  15. b. Emosianal
  16. c. Sosial emosional
  17. d. Minat
  18. e. Motivasi Kunci Jawaban: C

  19. AUD yang berada dalam rentangan usia 5-6 cenderung belajar dengan bantuan orang disekitarnya dan membutuhkan benda-benda konkret sebagai penghantar proses pembelajaran. Hal tersebut menunjukkan bahwa AUD berada dalam tahap perkembangan...

  20. a. Sensiromotor
  21. b. Praoperasional
  22. c. Operasional kongkret
  23. d. Operasional formal
  24. e. Pengetahuan awal Kunci Jawaban: B

  25. 1) siswa diajak untuk mengamati kelas dan mengelompokkan benda-benda di dalam kelas berdasarkan warnanya
    2) siswa diarahkan untuk menghitung hasil dari 8:2
    3) siswa diajarkan konsep penjumlahan sebelum konsep perkalian
    4) siswa diarahkan untuk menghapal ciri-ciri tumbuhan
    Proses pembelajaran yang sesuai dengan aspek perkembangan kognitif AUD ditunjukkan oleh nomor....

  26. a. 2) dan 4)
  27. b. 1), 2), dan 3)
  28. c. 3) dan 4)
  29. d. 1) dan 3)
  30. e. 1) dan 4) Kunci Jawaban: D

  31. Untuk menjelaskan materi mengenai tata surya kepada siswa, akan lebih cocok jika dibantu dengan memanfaatkan teknologi. Contoh media berbasis teknologi yang cocok digunakan adalah....

  32. a. Vidio
  33. b. Gambar
  34. c. Pop up book
  35. d. Puzzle
  36. e. Boneka tangan Kunci Jawaban: A

  37. Cermati pernyataan berikut.
    1) Mengoptimalkan fungsi penginderaan anak
    2) Dilakukan secara menyenangkan
    3) Dilakukan berdasarkan arahan
    4) Dapat bereksplorasi dengan ide sendiri
    5) Mengenalkan segala sesuatu abstrak ke konkrit
    Pemerintah mengeluarkan aturan yang menyatakan pemberlakuan kurikulum 2013 PAUD untuk diterapkan. Agar penerapan kurikulum 2013 PAUD dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien maka diperlukan hal-hal seperti pada nomor...

  38. a. 1), 5), 3)
  39. b. 1). 2). 4)
  40. c.3), 4), 5)
  41. d. 1), 4), 5)
  42. e.1), 3), 4) Kunci Jawaban: B

  43. Langkah pembelajaran yang mampu mengimplementasikan pendekatan saintifik AUD serta mampu membangun cara berpikir agar anak memiliki kemampuan menalar yang dapat diperoleh melalui proses...

  44. a. Mengamati, menalar, mengumpulkan informasi sampai bertanya
  45. b. Meniru dan mengkomunikasikan
  46. c. Menganalisis, menanya, mengamati
  47. d. Menanya, menganalisis, meniru
  48. e. Menanya, menganalisis, menalar sampai mengkomunikasikan
    Kunci Jawaban: E

  49. Teori ekologi membahas tentang konteks social dimana anak tinggal dan orang-orang yang mempengaruhi perkembangan anak. Salah satu sub system ada yang terdiri dari lingkungan kerja orang tua, kenalan saudara, peraturan dari pihak sekolah. Sub system ini tidak langsung menyentuh pribadi anak akan tetapi besar pengaruhnya terhadap anak seperti koran, majalah, televisi, dokter dll. Sub system ini termasuk dalam konteks...

  50. a. Mesosystem
  51. b. Ekosistem
  52. c. Mikrosistem
  53. d. Makrosistem
  54. e. Kronosistem
    Kunci Jawaban: C

  55. Ibu Ari membuat media untuk anak didiknya. Media tersebut yaitu arena bermain yang berisi petak warna dan angka dengan dadu warna. Setelah media selesai kegiatan yang dilakukan adalah meminta anak melempar dadu kemudian melompat sesuai warna dan angka yang didapat dan mengambil benda yang ada sesuai warna yang didapat. Media ini dapat digunakan untuk mengembangkan aspek...

    • a. Motorik
    • b. Kognitif
    • c. Bahasa
    • d. Fleksibility
    • e. Sosial Emosi Anak
      Kunci Jawaban: A

  1. Ibu Lala seorang pendidik anak usia dini. Ia membuat media flash card untuk bermain. Alat bermain yang dibuat ibu Lala cocok untuk aktivitas...

    • a. Kognitif
    • b. Motorik
    • c. Bahasa
    • d. Moral dan agama
    • e. Afektif
      Kunci Jawaban: C
  2. Cermatilah pernyataan berikut!
    1) Bersahabat, menyenangkan tetapi tetap bermakna bagi anak
    2) Bersahabat dan menyenangkan tetapi tidak melupakan inti pembelajaran
    3) Anak perlu di drill untuk menanamkan konsep atau pengetahuan
    4) Dalam menanamkan konsep anak atau pengetahuan dan keterampilan anak belajar melalui pengalaman langsung
    5) Pembelajaran terpadu dan sesuai kebutuhan perkembangan anak
    Yang merupakan implementasi dari pembelajaran tematik integrative adalah...

    • a. 1), 2), 3)
    • b.1), 4), 5)
    • c.2), 4), 5)
    • d.2), 3), 4)
    • e.3), 4), 5)
      Kunci Jawaban: B
  3. Sistem penilaian pembelajaran abad 21 lebih menekankan penilaian secara...

    • a. Asessmen autentik
    • b. Kritis, kreatif, kolaboratif
    • c. Formatif
    • d. Inovatif
    • e. Objektif
      Kunci Jawaban: A
  4. Dalam pembelajaran guru mengajak siswa belajar di outdoor agar bisa belajar langsung menggunakan benda konkret yang ada di sekitar lingkungannya. Guru meminta setiap anak untuk mengumpulkan daun-daun kering yang ada. Untuk mengevaluasi aspek pengetahuan anak maka guru memerlukan Teknik penilaian...

    • a. Observasi, lisan, penugasan
    • b. Lisan, penugasan, portofolio, tertulis
    • c. Portofolio, mengamati, menanya
    • d. Mengamati, menanya, mengkomunikasikan
    • e. Jawaban A dan B benar
      Kunci Jawaban: B
  5. Seorang guru anak usia dini kelas A dan B memiliki cara mengajar anak didik dengan caranya masing-masing. Guru kelas A mengajar anak dengan menggunakan model pembelajaran yang sama secara terus meneurus sehingga anak didiknya hanya aktif di 1 minggu pembelajaran dan berpengaruh terhadap perkembangan anak. Guru kelas B mengajar anak dengan model pembelajaran yang sama namun berbasis permainan yang bervariasi setiap harinya, sehingga perkembangan anak didiknya terus meningkat. Dari hal tersebut seharusnya...

    • a. Guru kelas B tidak membedakan proses pembelajarannya agar tidak menimbulkan perbedaan
    • b. Guru mampu memvariasikan model pembelajaran dengan berbagai model dan permainan yang menarik dan berbeda setiap pembelajaran
    • c. Guru kelas A mengikuti setiap apa yang dilakukan guru kelas B untuk mengajar
    • d. Guru mampu berdiskusi dengan sesama pengajar untuk proses pembelajaran yang baik
    • e. Guru mendiskriminasi anak didiknya agar proses perkembangannya berkembang dengan baik.
      Kunci Jawaban: B

Posting Komentar

0 Komentar

Posting Komentar (0)
3/related/default